Pemimpin Tertinggi Iran Tunjuk Wakil Presiden Mokhber sebagai Kepala Eksekutif Setelah Kematian Presiden Raisi

- 20 Mei 2024, 23:12 WIB
Pemimpin Tertinggi Iran Tunjuk Wakil Presiden Mokhber sebagai Kepala Eksekutif Setelah Kematian Presiden Raisi
Pemimpin Tertinggi Iran Tunjuk Wakil Presiden Mokhber sebagai Kepala Eksekutif Setelah Kematian Presiden Raisi /Reuters /

SRAGEN UPDATE - Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, telah mengumumkan hari berkabung nasional selama lima hari menyusul wafatnya Presiden Ebrahim Raisi beserta rombongannya dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin pagi, Ayatollah Khamenei mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas meninggalnya Presiden Raisi dalam peristiwa tersebut yang terjadi di Provinsi Azerbaijan Timur sehari sebelumnya.

Ayatollah Khamenei menggambarkan Raisi sebagai seorang ulama yang bekerja keras sekaligus presiden yang populer, yang telah mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyat Iran, negara, dan Islam.

Ia menyatakan bahwa "Dalam tragedi yang pahit ini, bangsa Iran telah kehilangan seorang pengabdi yang ramah tamah, rendah hati dan juga berharga."

Menurutnya, Presiden Raisi selalu bekerja keras dan tak kenal lelah demi rakyat Iran meskipun mendapat kritik dari para simpatisan.

Baca Juga: Perpisahan Manis Jurgen Klopp: Liverpool Kalahkan Wolves 2-0 di Akhir Musim Liga Premier 2023/2024

Ayatollah Khamenei menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran dan menyetujui Wakil Presiden Mohammad Mokhber untuk mengambil alih jabatan presiden sementara.

Selain itu, Wakil Presiden Mohammad Mokhber akan bekerja sama dengan ketua parlemen dan pengadilan Iran dalam mempersiapkan landasan untuk pemilihan presiden baru dalam 50 hari ke depan.

Ia juga menyatakan kesedihannya atas kepergian sejumlah pejabat senior yang mendampingi Presiden Raisi, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, imam salat Jumat Tabriz, dan gubernur.

Di samping itu, dalam rapat kabinet darurat pada Hari Senin, Wakil Presiden Iran Mohammad Mokhber meminta anggota kabinet untuk terus bekerja dengan percaya diri dan sekuat sebelumnya dalam melayani rakyat.

Halaman:

Editor: Inayah Nurfadilah

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah