Garuda Indonesia RTB Penerbangan Haji GA-1105 Rute Makassar-Madinah Karena Kendala Mesin

- 15 Mei 2024, 21:49 WIB
Garuda Indonesia RTB Penerbangan Haji GA-1105 Rute Makassar-Madinah Karena Kendala Mesin
Garuda Indonesia RTB Penerbangan Haji GA-1105 Rute Makassar-Madinah Karena Kendala Mesin /

SRAGEN UPDATE - Garuda Indonesia mengumumkan bahwa pesawat GA-1105 pada Rabu, dengan rute Makassar-Madinah, yang merupakan penerbangan haji Kloter 5 dari embarkasi Makassar, harus kembali ke bandara keberangkatan (Return to Base/RTB).

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko terkait keselamatan operasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menjelaskan melalui pesan singkat di Jakarta pada Rabu, bahwa keputusan RTB diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas karena ada masalah mesin yang perlu diperiksa lebih lanjut, setelah terdeteksi adanya percikan api di salah satu mesin.

"Karena situasi tersebut, mesin pesawat harus menjalani prosedur pengecekan menyeluruh untuk memastikan kesiapan armada dalam operasi kembali," ujarnya.

Baca Juga: Preview Laga Celta Vigo vs Athletic Bilbao 16 Mei 2024, Prediksi Skor Tidak Imbang Ini Strategi Tim

Irfan menambahkan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pada pukul 17.15 waktu setempat (LT).

Dalam waktu yang sama, seluruh penumpang telah diarahkan kembali ke asrama untuk menunggu pesawat pengganti yang siap.

Seluruh penumpang, lanjutnya, tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, dan akan segera diberangkatkan kembali setelah pesawat pengganti siap.

"Proses pendampingan jemaah menuju asrama melibatkan stakeholder terkait untuk memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang terjaga dengan baik," tambahnya.

Sebelumnya, GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400, berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT.

Halaman:

Editor: Inayah Nurfadilah

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah