Jadwal Tahapan Pilkada 2024 dan Persyaratan Calon Terpilih: Ketentuan Baru yang Harus Dipatuhi

- 15 Mei 2024, 22:21 WIB
Jadwal Tahapan Pilkada 2024 dan Persyaratan Calon Terpilih: Ketentuan Baru yang Harus Dipatuhi
Jadwal Tahapan Pilkada 2024 dan Persyaratan Calon Terpilih: Ketentuan Baru yang Harus Dipatuhi /Tangkap layar Instagram.com/@ofnoleds

SRAGEN UPDATE - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengungkapkan bahwa calon legislatif (caleg) terpilih dalam Pemilu 2024 harus mengundurkan diri jika mencalonkan diri dalam Pilkada Serentak 2024.

Pernyataan ini disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada hari Rabu.

Sebelumnya, Hasyim menyatakan bahwa caleg terpilih tidak harus mundur jika maju dalam pilkada.

Menurut Hasyim, Undang-Undang Pilkada menegaskan bahwa anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang mencalonkan diri harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Bagi calon terpilih yang belum dilantik, mereka harus bersedia mengundurkan diri sebagai calon terpilih anggota DPR, DPD, atau DPRD meskipun belum dilantik.

Baca Juga: Pemerintahan AS Dorong Negara Arab untuk Berpartisipasi dalam Pasukan Penjaga Perdamaian di Gaza

Proses pengunduran diri harus dilakukan paling lambat lima hari setelah penetapan pasangan calon (paslon) dalam Pilkada 2024.

Dokumen yang diperlukan antara lain adalah surat pengunduran diri sebagai anggota DPR, DPD, atau DPRD, tanda terima dari pejabat yang berwenang, dan surat keterangan bahwa pengunduran diri sedang diproses oleh pejabat yang berwenang.

Hasyim juga memberikan simulasi bahwa pendaftaran calon dalam pilkada akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Selanjutnya, dilakukan penelitian administrasi verifikasi dan pada akhirnya ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) peserta pilkada pada tanggal 22 September 2024. Untuk anggota DPR dan DPD yang terpilih, mereka akan dilantik pada tanggal 1 Oktober 2024.

Halaman:

Editor: Inayah Nurfadilah

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah