Menperin Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia, Wujud Peningkatan Pengelolaan Sampah B3

- 30 Juni 2021, 21:22 WIB
Menteri Perindustrian resmikan pabrik daur ulang plastik terbesar di Indonesia.
Menteri Perindustrian resmikan pabrik daur ulang plastik terbesar di Indonesia. /Depok Pikiran Rakyat/

SRAGEN UPDATE - Kementerian Perindustrian melalui Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pabrik daur ulang dan pemrosesan botol plastik yang berjenis PET (Polyethylene Terphthlete) yang berada di bawah naungan kerja sama antara PT Veolia Services Indonesia dengan Danone-AQUA.

“Pembangunan pabrik daur ulang terbesar di Indonesia ini merupakan kerjasama yang terjalin antara PT Veolia Services dengan Danone AQUA Indonesia yang memanfaatkan sampah berupa botol plastik dan juga menunjukkan komitmen yang nyata antara kedua perusahaan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian.

Pabrik yang memiliki luas lahan 22.000 meter persegi berada di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Jawa Timur ini memulai pembangunan pada Maret 2019.

Baca Juga: PT Future View Tech (FVT) akan rilis Vtube Awal Juli 2021

Selain itu pabrik tersebut telah memiliki kapasitas sebesar 25.000 ton per tahun Recycled PET Plastic (RPET) yang merupakan hasil produk olahan daur ulang plastik PET.

Tambahnya bahwa RPET yang diproduksi oleh PT Veolia Indonesia telah memenuhi standar keamanan pangan terbaik (foodgrade).

Pembangunan pabrik daur ulang plastik ini diharapkan oleh Menperin untuk dapat menciptakan Indonesia lebih bersih, memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular.

Sehingga dapat mendukung target pemerintah untuk mengatasi masalah sampah plastik yang ada di laut hingga 70 persen pada 2025.

Disisi lain juga hal ini dapat meningkatkan proses pengolahan sampah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) yang termasuk di dalamnya adalah sampah plastik yang belum terkelola sebesar 4,8 juta ton dari 6,8 juta ton sampah.

Halaman:

Editor: Nadya Rizqi Hasanah Devi

Sumber: ANTARA NEWS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah